Sabtu, 06 Agustus 2016

Materi Penjaskes

Pengertian atau Arti Makna dan Definisi Olahraga Secara Umum 

  Secara umum pengertian olahraga adalah sebagai salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang tersebut itulaholahraga

 Bagaimana definisi terkait dengan sport menurut para ahli atau pakar? Baik simak secara cermat berikut ini.
1. Cholik Mutohir
    Olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat berupa permainan, petandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia yang memiliki Ideologi yang seutuhnya dan berkualitas berdasarkan Dasar Negara atau Pancasila.
2. Dewan Eropa
    Olahraga sebagai “aktivitas spontan, bebas dan dilaksanakan dalam waktu luang”.
3. Edward (1973)
    Olahraga harus spontan dari konsep bermain, games, dan sport.
4. Wikipedia
    Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur).
5. Soekarno
    Olahraga adalah alat untuk melaksanakan tiga tujuan revolusi Indonesia, yaiut: Negara Kesatuan RI yang kuat, masyarakat adil dan makmur, dan tata dunia baru. Dengan kata lain, Olahraga adalah alat untuk melaksanakan ampera (amanat penderitaan rakyat).
6. Suryanto Rukmono, S. Si
    Olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh kita agar badan terasa sehat dan kuat, baik secara jasmani maupun rohani.
7. Seno Gumira Ajidarma
    Olahraga adalah sarana kompetisi untuk menjadi nomer satu.
8. Jessica Dolland
    Olahraga adalah pereda stress yang sangat baik. Olahraga dapat mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dengan cara meredakan ketegangan otot tubuh.
9. Kathryn Marsden
    Olahraga adalah pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan.
10. Hans Tandra
    Olahraga adalah gerakan tubuh yang berirama dan teratur untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran.
Jika dilihat makna olahraga menurut pakar atau ahli diatas, pada dasarnya olah raga berfungsi untuk menjaga, meningkatkan, menyeimbangkan kesehatan sistem jasmani dan rohani seseorang dan sekaligus meningkatkan rasa kebersamaan serta daya saing antar seseorang/individu.
Terkait dengan pernyataan para pakar-pakar tadi yang mayoritas menyebutkan bahwa olah tubuh atau sport itu tadi memiliki hubungan erat dengan kesehatan jasmani maupun rohani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar